Gak Perlu Kocek Mahal, Pencahayaan Ini Bakal Bikin Ruanganmu Makin Cantik!

Senin, Oktober 21, 2019 pada | Beri komentar
Pencahayaan

Untuk membuat ruangan tampak cantik, bukan hanya hiasan dinding dan furniture utama saja yang bisa kamu andalkan, namun banyak benda lain yang akan menambah estetika ruang pada hunian kamu. Salah satunya adalah lampu hias.

Lampu yang memiliki detail dengan berbagai bentuk cantik ini memang ampuh membuat penampilan ruangan menjadi lebih cantik. Ditambah lagi dengan efek pencahayaan yang dihasilkan, ruangan pun menjadi semakin dramatis.

Model lampu hias pun sangat beragam sehingga kamu bisa dengan mudah menyesuaikannya dengan konsep ruangan pada hunian kamu. Selain modelnya, material yang digunakan pada lampu hias ini juga sangat beragam. Biasanya material lampu hias juga sangat berpengaruh pada harga lampu hias tersebut.

Saat ini pun sudah banyak dijual lampu hias murah yang tampak cantik dan elegan. Bahkan jika kamu memiliki budget yang begitu minim, kamu bisa membuat lampu hias sendiri dengan beberapa bahan bekas yang diolah dengan kreatifitas tinggi sehingga menghasilkan benda berkualitas.

Model Lampu Hias Untuk Hunian Kamu

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika model lampu hias ini sangat beragam. Berikut ini adalah beberapa model lampu hias yang bisa kamu pilih sesuai dengan konsep hunian kamu.

1. Model Minimalis

Model Minimalis
sumber : pinterest.com
Salah satu lampu hias yang paling banyak dicari saat ini adalah model minimalis. Jika biasanya lampu hias identik dengan barang yang mewah dan ramai, tapi untuk model ini justru lebih identik dengan desain yang simple namun tetap elegan.

Komponen yang digunakan pun biasanya tidak begitu banyak, semisal dengan menggunakan list berbahan kaca yang dipadukan dengan lampu LED kuning sehingga mampu memberikan efek pencahayaan yang begitu cantik dan tetap terlihat elegan saat lampu tak dinyalakan.

Beberapa model rangka yang banyak digunakan untuk lampu hias minimalis antara lain adalah persegi, prisma, limas, segitiga dan masih banyak lainnya.

2. Model Klasik Eropa

Model Klasik Eropa
sumber : pinterest.com
Nah ini dia model yang disebutkan di atas, model dengan kesan mewah dan cukup ramai. Biasanya model lampu hias klasik Eropa juga cukup besar dengan susunan ornamen kaca yang begitu mewah.

Kebanyakan model lampu gantung klasik Eropa ini menyerupai undak-undakan, yakni besar di bagian paling atas kemudian mengecil di bagian bawahnya dan seterusnya. Untuk warnanya sendiri banyak menggunakan warna gold yang dipadukan dengan kaca putih.

3. Klasik Modern

Klasik Modern
sumber : pinterest.com
Perpaduan antara model klasik dan modern tampak begitu terlihat pada lampu-lampu gantung yang memiliki detail mewah namun dengan penataan elegan. Semisal lampu dengan beberapa bagian yang tampak seperti tangkai pohon.

Untuk penggunaan material pada lampu ini juga sudah lebih beragam, mulai dari kaca Kristal, mangkokan kaca dan lain sebagainya. Begitu juga dengan paduan warna yang digunakan, sudah tak selalu mutlak gold serta sudah banyak menggunakan warna-warna lain seperti silver, ungu muda dan lain sebagainya.


4. Model Industrial

Model Industrial
sumber : pinterest.com
Secara sekilas mungkin model ini tidak jauh berbeda dengan model minimalis, yakni mengusung konsep yang simple namun tetap elegan. Hanya saja untuk lampu hias model industrial biasanya menggunakan bahan bekas sebagai komponennya, semisal tudung saji bekas untuk penutup lampu.

Begitu juga dengan bagian kabel gantung yang dihiasi dengan pernak-pernik dari bahan bekas sehingga membuatnya tampak lebih menarik. Lampu-lampu hias model seperti ini biasanya dibuat sendiri dengan kreatifitas Anda. Jika pun Anda ingin beli, harganya biasanya lebih miring. Hal ini karena lampu hias murah industrial menggunakan bahan-bahan yang sudah tak terpakai dan hanya melalui proses daur ulang.

5. Model Lampu Lilin

Model Lampu Lilin
sumber : pinterest.com
Secara detail desain lampu gantung lilin ini sedikit mirip dengan lampu modern klasik, yakni berbentuk seperti tangkai pohon yang menjulang ke beberapa sisi atau melingkar. Hanya saja pada bagian lampu diganti dengan lilin.

Lampu gantung ini tentunya sudah didesain sedemikian rupa sehingga aman meski media penerangan yang digunakan lilin. Sementara untuk bagian tengah atau pusatnya tetap menggunakan lampu LED.

Untuk model yang sudah lebih modern, biasanya bagian tempat lilin berbentuk mangkuk-mangkuk kaca sehingga efek pencahayaan dari lilin tampak lebih bagus.

Nah, yang paling menarik dari lampu hias murah ini adalah pemasangannya yang tidak permanen. Jadi lampu gantung bisa dinaik turunkan dengan panel yang sudah diatur. Hal ini bertujuan untuk menyalakan dan mematikan lilin.

Lima model lampu hias di atas bisa kamu pilih sesuai dengan konsep ruanganmu. Jangan sampai kamu salah memilih lampu hias, karena secara tidak langsung benda ini akan jadi titik fokus pada ruangan tersebut.

Terlebih lagi jika ukuran dan desainnya begitu glamour. Tapi jika model lampu yang terlalu glamour dan ramai di pasangkan pada hunian berkonsep industrial, apakah akan tampak serasi? Tentu saja tidak, jadi semua harus disesuaikan dengan konsep ruangan.

0 komentar:

Posting Komentar