Cara Cerdas Memilih Mobil Keluarga yang Mendukung Kenyamanan

Minggu, Februari 16, 2020 pada , , | Beri komentar
Alphard

Mobil keluarga merupakan suatu pilihan tepat jika sudah memiliki anak. Apalagi dengan jumlah anak yang sudah lebih dari 2, maka Anda pasti membutuhkan mobil yang dapat mendukung semua aktifitas keluarga. Ada banyak jenis mobil keluarga yang dapat Anda pilih, salah satunya toyota alpard yang saat ini sangat populer di Indonesia. Walaupun Harga Alphard bisa dibilang cukup mahal, namun mobil ini memiliki banyak kelebihan.

Dengan tampilan mewah pada desain eksterior dan juga interior tidak salah jika mobil alphard menjadi primadona, khususnya untuk jenis mobil keluarga. Dalam memilih mobil khusus untuk keluarga, Anda tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan, diantaranya yaitu.

Perhitungkan Jumlah Penumpang

Jumlah tempat duduk atau seat mobil adalah pertimbangan paling penting saat memilih sebuah mobil keluarga. Mobil keluarga harus mampu menampung semua anggota keluarga. Hal lainnya pertimbangkan juga tempat duduk tambahan, misalnya untuk pengasuh atau asisten rumah tangga, jika Anda harus mengajak mereka ikut serta bepergian dengan keluarga.

Sebagai pedoman dasar yang harus dipahami, mobil dengan 4 tempat duduk cocok untuk keluarga dengan maksimal dua orang anak. Apabila mobil dengan 7 tempat duduk cocok untuk keluarga dengan 2 orang atau lebih banyak anak.

Tentukan Kapasitas Mesin Mobil

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah menentukan kapasitas sebuah mesin. Kapasitas mesin biasanya dinyatakan dalam besaran volume silinder piston mesin, misalnya saja 1.000 cc, 1.100 cc, 1.300 cc, dan lain sebagainya. 

Semakin besar kapasitas dari suatu mesin atau semakin besar angka cc, maka semakin besar juga tenaga yang bisa dihasilkan mobil tersebut. Tentunya selain Anda menginginkan mobil bagus, juga harus didukung dengan kemampuan berlari kencang agar lebih bisa maksimal dalam penggunaannya.

Mempertimbangkan Sistem Transmisi

Pada umumnya ada 2 jenis sistem transmisi pada mobil, yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memilih mobil berjenis matik yang sedikit lebih mahal, tetapi lebih mudah untuk dioperasikan, atau memilih mobil dengan transmisi manual yang lebih murah dan mudah perawatannya. 

Dengan begitu, Anda akan memahami mobil jenis apa yang saat ini paling dibutuhkan, dan pastinya disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.

Ketahui Konsumsi Bahan Bakar

Biaya bahan bakar merupakan salah satu pos pengeluaran utama dalam anggaran biaya operasional sebuah mobil. Langkah untuk menekan biaya tersebut dengan cara mengetahui berapa kilometer jarak tempuh optimal sebuah mobil dalam setiap liter konsumsi bahan bakar.

Semakin jauh jarak tempuh mobil per liter bahan bakar yang dikonsumsinya, maka akan semakin irit mobil tersebut. Sehingga setelah mengetahui hal ini, Anda akan lebih mudah mengendalikan biaya yang dibutuhkan oleh sebuah mobil.

Perhatikan Fitur Keselamatan

Hal paling penting dalam sebuah mobil keluarga sebaiknya memiliki fitur-fitur keselamatan yang memadai. Seperti sabuk pengaman yang terdapat di semua kursi penumpang. Selain itu, pintu dan kaca jendela sebaiknya memiliki sistem penguncian otomatis sehingga akan lebih aman bagi anak kecil.

Perhatikan Kenyamanan

Kenyamanan dari sebuah mobil memang sangat penting bagi seluruh anggota keluarga. Misalnya anak-anak dan orang lanjut usia cenderung akan lebih cepat lelah terutama ketika menempuh perjalanan jauh dengan menggunakan mobil.

Mobil yang bisa disebut nyaman itu harus memenuhi beberapa hal seperti tempat duduk yang empuk, AC yang sejuk, ruang yang lega, suara yang senyap, dan suspensi yang empuk.

0 komentar:

Posting Komentar